Ternyata Ini 6 Energi Alternatif Untuk Masa Depan

Beberapa tahun yang akan datang, manusia di bumi tentu akan dihadapkan dengan masalah kurangnya sumber energi di dalam bumi. Hal ini terkait dnegan penggunaan bahan bakar fosil secara terus menerus sebagai sumber energy untuk keperluan sehari hari. Seperti yang anda ketahui, bahan bakar fosil merupakan sebuah sumber energy yang tidak dapat diperbaharui.

Terlebih lagi dengan Negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar seperti china, amerika, india, dan termasuk Indonesia, sebagian besar penduduknya tentu memakia bahan bakar fosil seperti premium ataupun solar sebagai bahan bakar kendaaran hingga untuk pembangkit listrik. Sehingga bila hal ini tidak segera ditemukan solusinya, maka kelangkaan hingga musnahnya sumber energy ini menjadi hal yang dapat terjadi di masa depan.

Oleh sebab itu lah, dibutuhkan sebuah energy alternative yang dapat memberikan solusi terkait terbatasnya sumber energy ini serta juga dapat mengurangi ketergantungan terhadapn bahan bakar fosil. Peningkatan penggunaan sumber energy alternative juga berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru sehingga dapat mengurangi jumlah angka pengangguran. Nah berikut ini terdapat beberapa sumber energy alternative yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk masa depan bumi.

  1. Tenaga nuklir

 Meskipun dalam proses pembuatan dan pendirian tenaga nuklir sering mendapat kecaman dari masyarakat, namun energy nuklir dapat menjadi potensi sumber energy alternative terbesar yang ada. Sebenarnya proses reaksi nuklir dapat terkendali bila mengikuti dengan aturan yang ada. Proses nuklir dikenal dengan nama reaksi fisi. Pada pembangkit listrik tenaga nuklir, akan dihasilkan panas yang diakibatkan dari reaksi fisi ini sehingga menghasilkan uap. Upa inilah yang nantinya dapat menggerakkan generator sehingga dapat menghasikan energy listrik.

  1. Tenaga air

 Tenaga air atau yang dikenal dengan nama hydropower ini merupakan enegi yang didapatkan dari air yang mengalir. Tenaga air ini memanfaatkan gerakan air yang biasa terdapat di sungai yang dibendung. Tenaga air ini mampu menggerakkan generator listrik yang nantinya akan menghasilkan sumber energy listik. Tenaga air merupakan salah satu sumber energy alternative yang ramah lingkungan karena tidak akan menghasilkan limbah dalam proses nya.

  1. Tenaga angin

Salah satu sumber energy alternative lainnya yang dapat digunakan untuk masa depan adalah tenaga angin. Penggunaan angin dapat dilakukan dengan menggunakan media baling-baling atau kincir. Tenaga angin akan disalurkan melalui turbin yang kemudian diolah dalam bentuk listrik. Keunggulan dari tenaga angin adalah jumlah nya yang banyak, tidak pernah habis, bersih, serta dapat menurunkan efek rumah kaca.

  1. Panas bumi

 Panas bumi dapat menjadi sumber energy alternative yang dapat diandalkan. Selain ekonomis, panas bumi juga dikenal sebagai sumber energy yang ramah lingkungan. Selain itu, panas bumi juga dapat diperbahurui sehingga terhindar dari resiko kelangkaan. Panas bumi dihasilkan melalui panas yang ada di dalam perut bumi yang diakibatkan dari aktivitas tektonik.

  1. Energy gelombang air laut

 Gelombang air laut juga anda dapat andalkan sebagai sumber energy dimasa depan. Meskipun belum banyak digunakan, teknologi ini memiliki potensi yang sangat besar. Hanya saja kendala utamanya adalah dalam memperluas penggunaannya dapat berpengaruh negative pada lingkungan air laut.

  1. Energy pasang surut

 Seperti halnya energy gelombang air laut, energy pasang surut belum banyak dikembangkan dan digunakan. Namun sumber energy alternative ini akan sangat menjanjikan di masa depan. Pasang surut air laut dapat mudah diprediksi dibandingkan dengan energy lainnya. salah satu kendala yang membuat energy ini belum banyak dikembangkan adalah biaya penelitian yang tinggi serta langkanya daerah yang memiliki perbedaan pasang surut yang besar.

Tinggalkan Balasan