Surga Kecil Di Pulau Tinalapu

“Tinalapu adalah surga kecil.” Tutur salah satu teman yang membuat kami penasaran ingin berkunjung.

Pulau Tinalapu adalah pulau kecil nan cantik. Terletak di teluk Tomini Provinsi Sulawesi tengah. Meskipun kecil dan tidak ditumbuhi banyak pohon rindang, Pulau Tinalapu memiliki panorama yang masih sangat asli.

Setelah menyiapkan bekal yang cukup dan peralatan memasak seadanya, Kami berangkat dari Desa Jayabakti, Kecamatan Pagimana. Butuh waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan perahu motor untuk sampai ke Pulau Tinalapu.

Langit dan laut sepakat menyajikan warna biru yang indah. Hamparan pasir putih membentang menyambut kedatangan kami siang itu. Sinar matahari membuat permukaan air laut berkilau keemasan. Pasirnya yang halus dan beningnya air laut menggoda kami untuk berfoto ria.

Bagi yang gemar snorkeling, pemandangan bawah laut di Pulau Tinalapu sayang untuk dilewatkan. Terumbu karang beraneka ragam, tumbuh dengan sempurna memanjakan mata. Berbagai jenis ikan dengan corak warna-warni yang cantik menggoda kami untuk betah berlama-lama dibawah air laut.

Dan bagi yang punya hobi memancing, Pulau Tinalapu kaya akan hasil laut. Tak harus mempunyai keahlian memancing, dengan menggunakan kail tradisional milik warga Desa Jayabakti, kami bisa dengan mudah memancing dipinggiran pantai.

Ikannya yang berlimpah memudahkan kami mendapatkan hasil tangkapan. Setelah cukup puas memancing, hasil tangkapan ikan kami bakar dan kami santap bersama.

 “Tak akan puas jika hanya sehari, aku ingin kembali kesini.” Kata salah seorang temanku yang berasal dari Gorontalo.

“Recommended untuk lokasi prawed.” Tambah yang lainnya.

Tak terasa hari sudah senja, kami bersiap untuk pulang. Janji untuk kembali menutup perjalanan kami hari itu.

 

Penulis: Eti Ndulia

Tinggalkan Balasan