Daftar 5 Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai adalah aliran air besar yang bersifat memanjang dan mengalir dari sumber menuju muara. Biasanya bentuk, kedalaman panjang maupun lebar sungai, berbeda-beda, antara sungai satu dengan yang lainnya.

Ada yang lebarya di bawah 5 meter tapi ada juga yang hingga puluhan bahkan ribuan meter lebarnya. Begitupun dengan kedalamannya, ada yang beberapa centimeter saja tapi ada juga yang hingga puluhan meter. Dan berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber, nominasi sungai terpanjang yang terdapat di bumi ini.

Daftar 5 Sungai Terpanjang di Dunia

1. Sungai Nil – 6.650 km

Sungai Nil merupakan sungai yang mengalir pada bagian timur laut Afrika. Sungai ini dianggap sebagai sungai yang paling panjang di dunia dengan panjang mencapai 4.132 mil atau 6.650 kilometer. Aliran sungai ini dibagi untuk beberapa negara seperti Tanzania, Uganda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya dan beberapa negara lainnya. Oleh karena itulah Sungai Nil disebut juga sebagai sungai Internasional.

Sungai Nil memiliki dua aliran sungai besar yaitu sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru. Sungai Nil Putih lebih panjang daripada Nil Biru. Nil putih melewati areal danau besar di Afrika Tengah, arah alirannya menuju utara Tanzania, Danau Victoria, hingga Sudan Selatan. Sedangkan Nil Biru mengalir ke arah tenggara Sudan. Kedua aliran ini akan bertemu di dekat ibukota Sudan, Khartoum.

2. Sungai Amazon – 6.400 km

Sungai Amazon terletak di kawasan Amerika Selatan. Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang nomor dua di dunia. Sungai ini memiliki debit aliran yang paling besar di antara sungai-sungai lainnya di dunia. Sungai Amazon mempunyai cekungan drainase paling besar di dunia seluas 7.050.000 kilometer persegi yang menyumbangkan sekitar 20% porsi aliran air sungai di seluruh dunia.

Sungai Amazon mempunyai lebar antara 1,6 – 1,0 kilometer ketika musim kemarau. Ketika musim hujan, lebarnya mampu mencapai 48 km. Dimensi yang masif ini membuat sungai Amazon dijuluki sebagai laut sungai.

3. Sungai Yangtze – 6.300 km

Sungai Yangtze yang terletak di China ini memiliki nama lain Sungai Chang Jiang. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di tingkat regional Asia. Secara global, sungai Yangtze merupakan yang terpanjang ke-3. Panjang 6.300 km, dengan mata air gletser yang terletak di dataran tinggi Tibet. Alirannya mengarah ke arah timur laut China.

Sungai Yangtze merupakan sungai yang sangat krusial dalam perkembangan ekonomi, sejarah, dan juga budaya negara China. Aliran sungai Yangtze menjadi habitat dari berbagai spesies endemik yang kini mendekati kepunahan. Misalnya Sturgeon Yangtze atau buaya China. Sungai ini digunakan sebagai sumber irigasi, sanitasi, industri , hingga batas wilayah. Sungai ini juga dimanfaatkan menjadi dam yang menjadi sumber tenaga listrik paling besar di dunia.

4. Sungai Mississipi – 6.275 km

Sungai Mississipi masuk di nominasi ke-empat sungai terpanjang di dunia. dengan panjang yang mencapai 6.275 km, aliran sungai ini hingga mampu membelah di dua negara yakni Amerika Serikat dan Kanada. Sungai ini sangat terkenal karena sungai Mississipi sering digunakan sebagai latar belakang beberapa film terkenal. Sungai ini juga mengalir membelah 10 negara bagian Amerika Serikat antara lain Wisconsin, Iowa, Illionis, Missouri, Minesotta, dan lima negara bagian lainnya.

5. Sungai Yenisei – 5.539 km

Sungai Yenisei adalah salah satu sungai besar di dunia yang mengalir ke arah samudra Arktik. Sungai ini merupakan pusat aliran dari tiga sungai besar di SIberia. Aliran sungai ini melebar ke teluk Yenisei yang ada di laut Kara. Kedalaman paling dalam di sungai ini mencapai 24 meter, dan rata-rata kedalamannya mencapai 14 meter.

Nah, itulah di atas nominasi 5 sungai terpanjang yang ada di dunia ini. Semoga menambah wawasan kita.

Tinggalkan Balasan