5 Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan Manusia

Hampir semua orang pasti merasa ketakutan saat mendengar kata ular. Dan itu sangatlah wajar, sebab hewan melata yang masuk dalam kelompok reptil dan memiliki tubuh panjang tanpa kaki ini memang sangatlah berbahaya. Bahkan beberapa jenis di antaranya sangat mematikan, karena dengan racunnya ular tersebut bisa membunuh manusia dalam waktu beberapa menit saja.

Selain itu, ada juga jenis tertentu yang mempunyai ukuran sangat besar, biasanya ular ini tidak berbisa, tetapi juga sangat berbahaya karena ia membunuh dengan cara melilit dan memakan hidup-hidup mangsanya. Dan bicara tentang ular yang ukurannya besar, berikut ini kami bagikan informasi mengenai 5 ular terbesar di dunia yang pernah di temukan oleh manusia.

1. Ular Titanoboa

Titanoboa (Titanoboa cerrejonensis) merupakan ular terpanjang dan terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia. Ular ini hidup pada era Dinosaurus di periode Paleosen sekitar 58 tahun hingga 60 juta tahun yang lalu dan termasuk ular purba. Diameter ular ini bisa mencapai 6 kali ukuran pinggul orang dewasa. Selain itu, bobot ular titanoboa dapat mencapai 1100 kilogram atau sekitar 1,1 ton. Namun, sayang sekali ular ini tidak pernah ditemukan dalam keadaan hidup-hidup. Para ilmuan hanya menemukan fosil atau tulang belulang dari kerangkanya saja.

2. Ular Anaconda

Jenis Anaconda memang terkenal dengan ukuran tubuh yang super besar. Panjang ular anaconda dapat mencapai 15 meter sama dengan ular Titanoboa, namun berat dan lingkar tubuhnya masih kalah jauh dengan ular Titanoboa. Ukuran terberat dari ular ini yang pernah ditemukan oleh manusia mencapai 500 kilogram saja. Ular Anaconda yang berhabitat di sungai Abuna, Brazil salah satunya yang pernah ditemukan memiliki panjang tubuh 13 meter dengan berat 150 kilogram.

3. Ular Boa

Ular Boa merupakan ular dengan spesies terbesar nomor 2 setelah Titanoboa. Ular ini pernah ditemukan di Kota Guping, Jiangxi China dengan panjang mencapai 16,7 meter dengan berat 308 kilogram. Ular Boa tersebut diperkirakan berusia 140 tahun oleh para ilmuan. Departemen Kehutanan tidak sengaja menemukan ular tersebut ketika petugas kehutanan ingin membuka jalan di tengah hutan menggunakan buldoser.

Tidak sengaja buldoser mereka menabrak ular raksasa tersebut. Petugas segera melarikan diri dari lokasi, namun supir buldoser tetap berada di tempat karena ketakutan. Ketika bala bantuan datang, ular tersebut sudah tak bernyawa begitu pula dengan supr buldoser. Dikabarkan bahwa supir tersebut meninggal akibat serangan jantung dan ular Boa tersebut mati terjepit mesin buldoser. Diduga sebelum meninggal, supir buldoser sempat melakukan suatu perlawanan terhadap ular Boa raksasa tersebut.

4. Ular Kongo

Selain terkenal akan Gorila, Kongo juga terkenal karena ular raksasa yang tinggal disana. Ular ini dapat tumbuh mencapai panjang 16 meter. Ular Kongo termasuk ular terpanjang yang mampu mengalahkan ular Anaconda maupu ular Titanoboa. Selain ukurannya yang menakutkan, ular ini terkenal sangat buas yang mampu melahap buaya, singa, kuda nil dan hewan besar lainnya yang mengganggu wilayah kekuasaannya.

5. Ular Sanca

Ular Sanca masuk dalam keluarga pythons (Pythonidae). Ular ini dapat tumbuh mencapai panjang 14 hingga 14,5 meter dan berbobot mencapai 500 kilogram. Jika anda ingin bertemu dengan ular besar ini, pergi saja ke pulau Kalimantan maupun Sumatera. Pada tahun 2002 lalu sempat ditemukan ular Sanca ini sedang melahap seekor buaya di tepi sungai. Panjang ular tersebut tercatat mencapai 14 meter dengan berat tubuh hingga 447 kilogram.

Itulah di atas 5 ular terbesar atau ular raksasa yang pernah ada di dunia ini. Bagaimana, sangat mengerikan bukan?

Tinggalkan Balasan